Menaker: BLK Komunitas Sarana Penting Tingkatkan Kompetensi SDM

IMG-20230819-WA0200

Progresnews.info–Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah menyatakan bahwa Kementerian Ketenagakerjaan akan terus membangun Balai Latihan Kerja Komunitas. Hal tersebut sebagai komitmennya dalam meningkatakan kompetensi SDM Indonesia.

“Kemnaker akan terus membangun BLK Komunitas karena BLK Komunitas ini menjadi salah satu sarana penting dalam meningkatkan kompetensi SDM Indonesia,” kata Menaker pada acara Sosialisasi BLK Komunitas di Jakarta pada Sabtu (19/8/2023).

Menaker mengemukakan, sejak 2017 hingga akhir 2022, Kemnaker telah membangun 3.757 BLK Komunitas di seluruh wilayah Indonesia dengan kapasitas peserta pelatihan sebanyak 225.420 orang. Selanjutnya Kemnaker akan membangun 500 BLK Komunitas pada 2023 yang 19 di antaranya di Provinsi DKI Jakarta.

“Kemnaker tidak hanya membangun gedung workshop, tetapi juga penyediaan alat-alat penunjang pelatihan, penyiapan calon instruktur, dan pengelola serta program pelatihan,” ucapnya.

Ia berharap, dengan semakin banyak BLK Komunitas yang dibangun, akan semakin banyak pula SDM Indonesia yang memiliki kompetensi. Ia menyebut kompetensi sangat dibutuhkan di era sekarang ini.

“Lulusan dari BLK Komunitas ini bisa jadi pekerja, bisa juga jadi wirausaha. Tapi prinsipnya, mereka memiliki keterampilan dan kompetensi,” ucapnya.

Ia menambahkan, dengan banyaknya SDM yang memiliki kompetensi, maka peluang untuk meraih Indonesia Emas pada 2045 pun sangat besar. Dengan begitu, Indonesia siap menjadi salah satu negara maju.

“Ini saya sampaikan di mana-mana bahwa negara kita berpeluang menjadi negara maju, tetapi ada syaratnya, dan di antara syaratnya adalah SDM kita harus unggul, harus kompeten,” ucapnya. ( Tu)

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *