Muhaimin Bangga, Di bawah Menaker Ida Tumbuh 3.757 BLK Komunitas

IMG-20230814-WA0013

(Keterangan Foto : Muhaimin Iskandar, Mantan Menakertrans Era Presiden SBY)

 

Progresnews.info-Wakil Ketua DPR bidang Koorkesra Muhaimin Iskandar mengaku bangga atas tumbuhnya 3.757 Balai Latihan Kerja (BLK) Komunitas yang tersebar di seluruh tanah air. Pertumbuhan BLK Komunitas tersebut, tak lepas dari komitmen kuat Pemerintah yang telah dirintis sejak 15 tahun lalu.

“Komitmen terus tumbuh kembang dan mencapai puncak di era Presiden Jokowi. Dari hasil diskusi dengan Presiden, tak mungkin percepatan peningkatan kapasitas SDM hanya mengandalkan lembaga-lembaga pendidikan formal, ” ujar Mantan Menakertrans Era Presiden SBY,  dalam sambutan acara ‘Silaturahim Nasional Santri Vokasi dan Rapat Koordinasi Balai Latihan Kerja Komunitas (BLKK) Tahun 2023” di Jombang, Jawa Timur, Minggu (13/8/2023) malam.

Karenanya lanjut Muhaimin yang sempat dibidik KPK dalam Kasus ‘Kardus Duren” ini,  harus diperlukan adanya terobosan dan satu-satunya terobosan paling efektif, caranya dengan memperbanyak BLK di seluruh lingkungan kekuatan masyarakat.

Dalam sambutannya, Ida Fauziyah mengatakan salah satu lembaga yang paling banyak mendapat perhatian melalui BLK Komunitas adalah pesantren karena pemerintah ingin agar pesantren bisa menjadi motor penggerak peningkatan kualitas SDM
di Indonesia.

“Lewat BLK Komunitas ini, Pemerintah juga ingin agar para generasi muda santri semakin mandiri dan berdaya membangun perekonomian bangsa di era globalisasi dan digitalisasi. Dan agar jangan pernah ada lagi stigma kalau santri itu tertinggal atau hanya pintar masalah agama saja, ” kata Ida Fauziyah.

Ida Fauziyah mengungkapkan hingga akhir tahun 2022, Kemnaker telah membangun 3.757 BLK Komunitas di seluruh wilayah Indonesia dengan kapasitas peserta pelatihan sebanyak 225.420 orang. Setiap tahun, Kemnaker terus melakukan evaluasi terkait teknis pelaksanaannya dan kebermanfaatan BLK Komunitas bagi
masyarakat.

“Setelah dilakukan klasifikasi terdapat BLK komunitas Mandiri sebanyak
492 lembaga. Klasifikasi Berkembang sebanyak 1.534 lembaga dan Klasifikasi
Tumbuh sebanyak 1.731 lembaga. Sedangkan jumlah BLK Komunitas terakreditasi sebanyak 124 lembaga dan 125 BLK Komunitas telah menjadi Inkubator Kewirausahaan, ” katanya.

Rangkaian kegiatan Silatnas Vokasi 2023 lainnya yakni pameran produk BLK Komunitas, seleksi inkubator BLK Komunitas, perjanjian kerja bersama, pembangunan BLKK tahun 2023, dan Rakornas instruktur BLK Komunitas.

( Tu)

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *