Kemnaker Integrasikan UMKM di Batang dengan Industri

IMG-20230703-WA0011

Progresnews.info–Kementerian Ketenagakerjaan mendorong agar industrialisasi yang sedang berlangsung di Kabupaten Batang dapat berdampak pada pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat secara luas. Selain penyerapan tenaga kerja sektor formal, industrialisasi harus berdampak pada sektor informal seperti usaha kecil dan menengah (UMKM).

“Kuncinya adalah penguatan sektor informal dan mengintegrasikannya dengan kawasan industri”, kata Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan, Caswiyono Rusydie, melalui Siaran Pers Biro Humas Kemnaker, Senin (3/7/2023).

Sebagai salah saatu bentuk dorongan tersebut, kata Caswiyono, Kemnaker melalui Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Semarang menggelar pelatihan produksi olahan daging di Padomasan, Reban, Batang. Pelatihan yang diselenggarakan bersama Komunitas Pedagang Hebat (KPH) Batang ini merupakan upaya untuk menggerakkan sektor informal yang mampu menopang industrialisasi.

Menurutnya, selain harus diadvokasi untuk mendapatkan akses terhadap modal dan pasar, para pelaku UMKM perlu dibekali kompetensi yang memadai untuk mengelola usahanya. “Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi pelaku usaha dan pedagang makanan olahan di Batang, agar produknya berdaya saing dan kayak dipasarkan ke kawasan industry,” katanya.

Senada Kepala BBPVP Semarang, Heru Wibowo, menyebut, pelatihan ini menyasar para ibu dan pedagang kecil yang menekuni kebutuhan pangan. Agar kemampuanya bertambah, usahanya meningkat dan ujungnya memajukan ekonomi masyarakat Kabupaten Batang.

“Tentunya, kita harapkan pelaku UMKM di Batang makin mandiri, berdaya di tengah industrialisasi. Tidak hanya sekedar jadi penonton,” ujarnya.

( Tu)

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *