Kemnaker Bersama Pemda Fasilitasi Pembentukan Empat Puluh Enam LTSA

IMG-20211129-WA0041

Progresnews.Info–Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) telah memfasilitasi pembentukan 46 Layanan Terpadu Satu Atap ( LTSA) . Di samping itu,  Kemnaker juga bekerjasama dengan International Labour Organization (ILO)-UN Women Safe and Fair,  Koalisi Perempuan Indonesia, Kalyanamitra, dan Women Crisis Center Mawar Balqis yang telah mengintegrasikan layanan Migrant Worker Resource Centre (MRC) ke dalam LTSA di Cirebon, Blitar, Tulungagung dan Lampung Timur.

“Alhamdullilah, kami telah melaunching Pusat Informasi dan LTSA yang Responsif Gender (Migrant Worker Resources Center (MRC) di Kabupaten Cirebon, dan hari ini akan di launching untuk di Kabupaten Lampung Timur,” ucap Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan ( Kemnaker) , Anwar Sanusi, ketika melakukan Launching Integrasi LTSA dengan Migrant Worker Resources Center (MRC) secara virtual, Senin (29/11/2021).

Anwar mengungkapkan, Pusat Informasi dan LTSA yang responsif gender  merupakan percontohan pertama di Indonesia dan ASEAN dalam membangun layanan terpadu dan terkoordinasi untuk meningkatkan pelindungan perempuan PMI dan keluarganya sejak dari tingkat desa.

Pembentukan MRC ini mendukung perluasan fungsi LTSA, khususnya dengan layanan non administratif yang lebih tanggap gender. Dengan adanya Integrasi MRC-LTSA diharapkan fungsi LTSA dapat semakin optimal, mudah diakses dalam memberikan layanan perlindungan menyeluruh dan responsif gender bagi PMI.

“Saya menyambut baik kerjasama ini yang merupakan bentuk upaya kita dalam melakukan penguatan tata kelola penempatan dan pelindungan PMI dalam keseluruhan proses penempatan,” kata Sekjen Anwar

Ia menegaskan peran Pemda menjadi sangat sentral dalam memberikan layanan informasi membuat basis data PMI dan  menyediakan serta memfasilitasi pelatihan kerja kepada CPMI.

“Saya sangat menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab ini pastilah sangat berat, apalagi saat pandemi COVID-19 sekarang ini,” ujar Anwar Sanusi.

Sekjen Anwar mengapresiasi komitmen dari  Pemda Lampung Timur dalam menginisiasi pembangunan LTSA-PPMI melalui APBD Tahun 2022.

“Kami akan mendukung penuh  pembentukan LTSA ini sesuai dengan arahan Menaker Ida Fauziyah yang meminta seluruh K/L dan stakeholders terkait dapat memberikan kontribusinya dalam optimalisasi fungsi LTSA,” ucapnya. (TU)

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *