Menaker Ida Fauziyah Diduga Melantik Pejabat Eselon II Yang Sudah Pensiun

084336800_1618832489-FOTO_001

Progresnews.Info—Menteri Ketengakerjan Republik Indonesia, Ida Fauziyah diduga melantik salah seorang pejabat dari 35 Pejabat Eselon II (Pejabat Tinggi Pratama) dilingkungan Kemnaker yang terhitung sejak tanggal 5 April 2021, sudah pensiun.  Berdasarkan penelusuran media ini, Pejabat Tinggi Pratama yang berinisial WP ini menjabat Inspektur II (wilayah dua) di Inspektorat Jenderal. WP lahir tanggal 5 April 1961, berarti ditanggal dan bulan yang sama di tahun 2021 genap berusia 60 tahun.

Seperti diketahui bahwa  Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, melantik 35 orang pejabat Tinggi Pratama di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan yang sudah sesuai dengan Peraturan dan Undang-Undang serta penyesuaian dengan Struktur Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) yang baru, di Ruang Serbaguna Kemnaker, Senin (19/4/2021).

Sekretaris Jenderal Kemnaker, Anwar Sanusi ketika dikonfirmasi pada Jumat, 23 April 2021 mengatakan bahwa WP pensiun terhitung 1 Mei 2021, berdasarkan Undang-undang Aparatur Sipil Negara (UU ASN) Nomor 5 Tahun 2014. Misalnya, “Saya lahir 1 Mei, maka saya pensiun di 1 juni”, ujarnya. Namun, Sekjen Anwar tidak merinci secara jelas pasal-pasal mana yang memperkuat alasannya.

Berdasarkan pasal 87 UU No.5 Tahun 2014, bahwa PNS diberhentikan dengan hormat karena : a. Meninggal dunia, b. Atas permintaan sendiri, c. Mencapai batas usia pensiun, d. Dst. Jadi, jelas berdasarkan UU diatas jelas bahwa WP telah mencapai batas usia pensiun.

Hal ini diperkuat lagi dengan Peraturan Presiden (perpres) nomor 11 tahun 2017 yakni, batas usia pensiun adalah batas usia PNS harus diberhentikan dengan hormat dari PNS.

Untuk itu, sudah waktunya Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk segera memanggil menaker terkait hal ini. (TU)

 

 

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *