Perlu Hadirkan Pangan Berkualitas, Perempuan Tani HKTI dan Dinas KPKP Jaksel Bersinergi

20201230_195359

Progresnews.Info–Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Selatan menyelenggarakan kegiatan Live Streaming Cooking With Chef dengan Tema “  Form Garden To Table Cooking”.

Kegiatan  dalam rangka edukasi penyediaan makanan berkualitas ini dilangsungkan secara luring dan daring  dari  Agro Edu Wisata Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (30/12/2020).

Untuk mensukseskan kegiatan ini Sudin KPKP Jaksel menggandeng Suku Dinas Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Selatan, Perempuan Tani  HKTI (Himpunan Kerukunan Tani Indonesia) dan Bandung Permaculture.
Acara ini dibuka  oleh  Kepala Sudin KPKP Jaksel hasudungan  Sidabalok  dan menghadirkan  narasumber, yakni . Listriana  Suherman, (Permaculturist,  Founder Bandung Permaculture), Winarti (Wakil Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga Perempuan Tani HKTI) dan M. Jackson Kaimudin (executive chef/pemilik Grisel Seafood).

Dalam kegiatan  ini, Chef Jakson melakukan demonstrasi  memasak  berbagai  menu makanan yang kaya akan gizi, seperti  Lele Krispi, Sup daun Kelor serta Olahan Bayam dan sayuran superfood lain.

Bahan masakan tersebut diambil dari tanaman yang ada sering ditemui di sekitar lingkungan rumah.

Kepala Sudin KPKP Jaksel Hasudungan  Sidabalok  mengatakan digelarnya acara ini untuk melakukan inovasi dan diversifikasi bahan pangan yang tersedia di lingkungan rumah tangga atau masyarakat sekitar, sehingga mudah didapat dan murah.

“Harapan dari kegiatan ini adalah dapat menekan angka Stunting melalui superfood karena mengandung zat gizi dan nutrisi yang tinggi dengan rasa yang enak dan disukai oleh orang-orang terutama anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan,” kata Hasudungan.

Wakil Ketua Bidang Antar Lembaga Winarti menilai acara ini,  sangat bermanfaat bagi para kaum ibu yang ingin memanfaatkan tanaman di rumah untuk diolah sebagai makanan,  tentunya tanaman yang diolah tersebut merupakan tanaman yang sarat akan gizi tinggi.

“Selain itu untuk meningkatkan perekonomian keluarga, para wanita saat ini dapat memanfaatkan lingkungan sekitarnya di halaman rumah walaupun kecil untuk bercocok tanam dengan tanaman hortikultura yang gizinya tinggi,’ kata perempuan yang akrab disapa Wina ini.

Wina mengatakan, kepada kaum ibu yang belum mengetahui banyak manfaat tanaman untuk dijadikan bahan olahan masakan jangan khawatir, pasalnya Sudin KPKP Jakarta Selatan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian akan membuka agro edukasi di Ragunan yang rencananya akan diluncurkan pada bulan Januari 2021.

“Kedepannya akan ada program pelatihan secara berkala, sekarang kita baru mulai. Nanti akan ada kumpulan dari beberapa komunitas untuk berada di sana secara terus menerus untuk mengedukasi bagaimana caranya mengenal tanaman-tanamannya, bagaimana cara menanamnya, bagaimana cara mengembangbiakannya dan bagaimana cara memanfaatkannya menjadi makanan yang bisa kita konsumsi dengan kualitas gizi yang baik,” ungkap Wina.

Dalam kegiatan Form Garden To Table Cooking ini,  juga  disampaikan secara virtual garden tour dimana akan diperkenalkan tanaman superfood endemik lokal untuk ketahanan pangan keluarga. (RED)

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *