Pemerintah Terus Mendorong Perusahaan Membuat Pengaturan Syarat Kerja Yang Lebih Baik yaitu PKB

IMG-20180315-WA0020

Progresnews.Info–Pemerintah tak henti hentinya terus hadir dan senantiasa melakukan terobosoan terobosan guna mendorong perusahaan untuk membuat Pengaturan Syarat Kerja yang Ideal yakni Perjanjian Kerja Bersama dalam rangka menciptakan Hubungan Industrial yang harmonis, dinamis , dan berkeadilan sehingga terciptanya kesejahteran bagi pekerja/buruh dan kelangsungan usaha bagi pengusaha.

“Pemerintah dalam hal Kementerian Ketenagakerjaan selalu terbuka bagi pengusaha Dan Serikat Pekerja atau Serikat Buruh untuk berkonsultasi, bertukar pikiran, member I masukan dalam rangka membuat Peraturan Perusahaan, maupun membuat Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dimasing masing perusahaan,” ujar Direktur Persyaratan Kerja Dirjen PHI Dan Jamsos Kemnaker.

Hal ini diutarakannya, saat membuka Dialog Sosial Dalam Mewujudkan Kelangsungan Usaha Dan Kesejahteraan Pekerja dengan Membuat Perjanjian Kerja Bersama (PKB) yang berkualitas, di Primebiz Hotel, Cikarang, pada Rabu, 14 Maret 2018.

Dihadapan 40 peserta yang berasal dari unsur Pengusaha , unsur Serikat Pekerja/Buruh yang berasal dari kawasan Industri Jababeka, Delta Silikon, EJIP, BIIE, MM 2100, Delta Mas, LIPPO. Dan mediator dari Disnaker Kabupaten Bekasi.

Menurut Ida, bamyak laporan ataupun masukan dari berbagai kalangan baik itu pengusaha maupun Serikat Pekerja / Buruh, bahwa ada perusahaan yang mengajak pekerja nya untuk membuat PKB, namun para pekerja justru tidak siap untuk itu , demikian pula sebaliknya. Untuk itu, Ida menghimbau agar pekerja dan pengusaha merasa penting hadirnya PKB dalam mengangkat derajat, Dan kesejahteran pekerja/buruh serta kelangsungan usaha terjamin.

Ida menambahkan bahwa antusias ber PKB dirasakan makin bergelora, untuk itu pemerintah akan terus menggelar dialog Sosial seperti saat ini di kawasan Jababeka dan sekitarnya dalam waktu waktu mendatang, meningat hingga saat ini di 7 kawasan Industri di Kabupaten Bekasi ini, rata rata baru berPKB sekitar 20%, sementara total perusahaan di Kabupaten Bekasi sekitar 4 ribuan.

Berdasarkan data Kemnaker pada tahun 2015, perusahaan yang telah mendaftarkan PKB berjumlah 13.210 perusahaan. Setahun berikutnya, meningkat menjadi 13.371 perusahaan dan pada Tahun 2017 kembali naik yakni 13.624 perusahaan yang mendaftarkan PKB.

IMG-20180315-WA0012

Dialog Sosial menghadirkan narasumber  Trainers terampil berunding dalam pembuatan PKB diantaranya ; Timboel Siregar dan Saut Aritonang

Dan acara ditutup secara resmi oleh Wiwik Wisnu Murti Kasubdit PP Dan PKB Direktorat Persyaratan Kerja Kemnaker, pada Kamis Siang. (TU)

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *