BBPPK dan PKK Lembang Kemnaker Kembali Gelar Pelatihan Barista 2018

BBPPLK

Progresnews.Info-Joko Priyanto, SE, MM dipercayakan kembali Balai Besar Pengembangan Pasar Kerja & Perluasan Kesempatan Kerja (BBPPK & PKK) Lembang, Bandung mengutus 4 (empat) orang anggota SCA sebagai peserta. Pelatihan tersebut diikuti oleh 38 orang dari berbagai daerah di Indonesia yang dibagi dalam 2 angkatan. Untuk Tim SCA, mengirim sdr. Andri Ramadhan, Arief Kurniawan, Antoni Batubara dan Dhaniel Febriansyah.

Kegiatan pelatihan kali ini secara resmi dibuka oleh Kepala Seksi BBPPK & PKK, Iman Suratman di Balai Pelatihan BBPPK & PKK Lembang. Prioritas pelatihan ini pada para peyaji kopi atau istilah trendnya adalah Barista, selain itu juga dipelajari cara pengembangan usaha kopi bagi para penggiat usaha kopi mulai dari hulu sampai hilir.

Menurut Joko, Kegiatan pelatihan tersebut dimulai dari tanggal 12 s/d 16 Februari 2018 yang lalu di Balai Pelatihan BBPPK & PKK Lembang yang secara resmi dibuka oleh Bapak Iman Suratman selaku Kepala Seksi BBPPK & PKK. Pelatihan ini diprioritaskan kepada para peyaji kopi atau istilah trend nya adalah Barista. “Namun selain untuk barista kopi, dalam pelatihan tersebut juga dipelajari cara pengembangan usaha kopi bagi para penggiat usaha kopi mulai dari hulu sampai hilir,” ujar Joko.

Joko menjelaskan, bahwa pelatihan yang diselenggarakan BBPPK & PKK merupakan program resmi yang ditetapkan setiap tahunnya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia yang bertujuan untuk menciptakan dan meningkatkan profesionalitas dan kualitas kerja Sumber Daya Manusia para barista dan penggiat kopi di Indonesia agar bisa berkompetisi di dunia per-kopi-an internasional.

Lebih lanjut ia mengatakan, SCA dibentuk atas dasar kecintaan kita pada kopi Indonesia terutama kopi yang berasal dari Sumatera yang selama ini diketahui kopi Sumatera khususnya jenis kopi arabika Sumatera sudah diakui kenikmatannya yang memiliki cirikhas tersendiri oleh masyarakat pecinta kopi internasional. “Dari tahun 2017, SCA sudah mengirimkan 11 peserta mengikuti pelatihan barista di BBPPK & PKK Lembang bahkan sudah menghasilkan 3 Asesor bersertifikat dari BNSP tercatat atas nama; Joko Priyanto, Arif Dermawan Rangkuti dan Agustinus Ompusunggu,” sebutnya.

Didalam pelatihan itu, BBPPK & PKK membuat kompetisi bagi para peserta untuk mempraktekkan kepiawaannya dalam meracik dan menyajikan kopi dengan metode manual (manual brewing) dan salah seorang dari Tim SCA yaitu Arief Kurniawan akhirnya memperoleh Juara I untuk kategori manual brewing, diikuti Juara II Muhammad Naufan dari Bekasi dan Juara III Yusrizal dari Aceh.

Diakhiri acara, Bapak Ir. Nana Mulyana, MM selaku Kepala BBPPK & PKK secara resmi menutup kegiatan “ Pelatihan Barista Inkubasi In Wall 2018”, sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang kompetisi. (TU)

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

2 comments

  • Muh Ismail

    Mohon informasinya, bagaimana cara mengikuti pelatihan ini. Saya Ismail dari Makassar, sangat membutuhkan pelatihan ini. Terima kasih. Salam kopi Indonesia

    Balas
    • iqbal

      silahkan berkordinasi dengan disnaker setempat

      Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *