Aset Negara Hilang, Diduga Oknum Kemenakertrans Bermain

IMG-20180122-WA0011

Progresnews.Info—Aset negara berupa rumah dinas jabatan Menteri Transmigrasi, Tenaga Kerja dan Koperasi di Jalan Prof. Soepomo, SH Kompeleks Transkop No.4 (Bidakara) Pancoran Jakarta Selatan diduga telah berpindah tangan kepada pihak lain (Waringin Group).

Hasil penelusuran Lembaga Swadaya Masyarakat TIPIKOR Investigasi menemukan bahwa bangunan  yang tadinya merupakan aset negara, kini telah rata dengan tanah, bahkan informasi dari warga sekitar menjelaskan bahwa bagunan diruntuhkan karena telah dibeli oleh pihak ketiga (Waringin Group) dan akan dibangun hotel. Untuk diketahui bahwa luas bangunan 212 meter persegi, sementara luas tanah 704 meter persegi.

Lsm tersebut pernah mengirim Surat bernomor 029/K-TI/12/2017 kepada Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI pada 2 Desember 2017, terkait keberadaan aset yang dimaksud. Dan Surat tersebut sudah dijawab oleh PLT.Kepala Biro SDM dan Umum R. Hari Pramudiono, SH, MM Kemendes,PDT dan Transmigrasi tertanggal 13 Desember 2017. Yang intinya bahwa BMN berupa Rumah Dinas yang terletak di Jl.Prof. Soepomo tidak termasuk BMN atau asset yang dialihkan atau diserahkan ke Kemendes, PDT dan Transmigrasi, sehingga pengelolaan dan pencatatan BMN dimaksud bukan pada Kemendes, PDT dan Transmigrasi.

Demikian Surat yang dilayangkan oleh LSM kepada Menteri Ketenagakerjaan RI dengan Nomor 028/K-TI/12/2017 tertanggal 02 Desember 2017 terkait aset yang dimaksud. Surat tersebut sudah dijawab oleh Kepala Biro Umum Kemnaker Sumarno, S.Pd, MM tertanggal 20 Desember 2017. Intinya, bahwa aset rumah dinas yang dimaksud tidak terdapat di Kemnaker. Dan untuk proses jual Beli rumah dinas tersebut kemnaker tidak mengetahui karena aset tersebut tidak terdapat pada pencatatan aset Kemnaker.

Persoalan ini mencuat kepermukaan berawal dari Permohonan Pembelian Rumah Dinas Milik Kemnakertrasn Jl. Prof. DR. Supomo, SH Kompleks Transkop No.4 (Bidakara), Pancoran Jakarta Selatan oleh  Letkol (Pur) TNI T. Razly kepada Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada tanggal 15 November 2010 dan dijawab oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Ir. Besar Setyoko, MM dengan nomor surat B 92/ SJ/I/2011 tertanggal 20 Januari 2011. Yakni, Bahwa tanah dan bangunan rumah dinas yang terletak di Kompleks Transkop Jln. Prof.Dr.Supomo, SH No.4 Jakarta Selatan adalah Barang Milik Negara yang berada dalam pengelolaan/penguasaan Kemnakertrans yang peruntukannya semula sebagai rumah jabatan Menteri. Berkenaan dengan hal tersebut diatas, maka permohonan Saudara untuk membeli rumah dinas milik Kemnakertrans yang terletak di Komplek Transkop Jln. Prof. Dr. Supomo, SH No. 4 Jakarta, dengan sangat menyesal tidak dapat kami kabulkan. (Teddy Unggik)

 

 

 

 

 

 

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *