Indonesia Menempatkan Peserta Magang Sebanyak Delapan Persen dari Kebutuhan Jepang

IMG-20171212-WA0026

Progresnews.Info-Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Ketenagakerjaan  menempatkan magang sebanyak delapan ribu orang  atau delapan persen  dari kebutuhan Jepang pada tahun 2017. Dan Indonesia tercatat menempati urutan ke tiga, setelah Vitenam, China, Philipina, dan Thailand. Namun, sekarang ini Indonesia Menpower Developmet Organisastion – Japan (IM Japan)  lebih memilih peserta magang dari Indonesia ketimbang peserta magang dari Vietnam. Kenapa IM lebih memilih peserta magang dari Indonesia ? karena peserta magang dari Indonesia dinilai lebih baik dari Vietnam.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Bina Pemagangan Kementerian Ketenagakerjaan, Drs.Asep Gunawan,MM kepada Wartawan di ruang kerjanya,Selasa (12/12).

Asep menambahkan Perusahaan Panasonic Gobel saat ini lebih konsen untuk membantu anak –anak Indonesia bisa magang ke Jepang di pusat Panasonic Jepang. Rachmat Gobel konsen untuk membantu supaya masyarakat Indonesia memiliki keahlian dan keterampilan, etos kerja tinggi dan berdaya saing. “Tahun depan  sebanyak 200 orang untuk ditempatkan menjadi peserta magang di Panasonic Gobel Kusapsu Jepang,”ujar Asep.

Dia menjelaskan bahwa para peserta magang ke Jepang berasal dari berbagai daerah, mereka  tidak dipungut biaya, dan mereka harus mengikuti pendidikan di Panasonic Indonesia selama dua bulan, dan diasramakan.

Setelah itu, mereka ditempatkan magang ke Jepang selama tiga tahun dengan mendapat upah 140 ribu Yen per bulannya, dan mereka diasramakan, jelas Asep.

Menurut Asep, percepatan peningkatan kompetensi yang paling efektif dan efisien melalui skema pemagangan baik dalam negeri maupun luar negeri dalam rangka membantu membentuk etos kerja dan budaya kerja industri. Untuk pemagangan luar negeri berdampak bagi alumninya menjadi pengusaha atau wirausaha baru.

Asep mencontohkan beberapa waktu lalu Kementerian Ketenagakerjaan RI telah melaunching dua ribu alumni magang luar negeri menjadi pengusaha baru atau wirausaha baru yang dapat menyerap tenaga kerja sebanyak dua belas ribu orang, bay name, by addres, by job di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. (Teddy Unggik)

 

 

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *