Kemnaker Gelar Upgrading Trainers Terampil Bernegosiasi Dalam Hubungan Industrial

haiyani 2

Progresnews.Info-Kementerian Ketenagakerjaan dalam hal ini Direktorat Kelembagaan dan Kerja Sama Hubungan Industrial (KKHI) Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja, menggelar Upgrading Trainers Terampil Bernegosiasi Dalam Hubungan Industrial, bertempat di Hotel LOR IN Sentul, Bogor, Jawa Barat.

“Acara ini berlangsung dari tanggal 16-19 Mei 2017, dan diikuti 70 orang trainers dari semua unsur ketenagakerjaan,”ujar Ike Damayanti Kasubdit Pemasyarakatan Kerja sama Hubungan Industrial, yang juga ketua panitia acara tersebut.

Ike menjelaskan adapun materi-materi Upgrading yang diberikan berupa Developing Persoanal Communication, Developing Communication Organisation, Membangun Persoal Brand,Revolusi Mental, Negotiation Skills. Dengan menghadirkan para nara sumber yang berkompeten bidangnya masing-masing diantaranya; Prof. DR. HM. Entang,MA, Drpl.Ed, Elvera N. Makki, BBC, Rini Santo,MBA, Roy Kuncoro, Novita Sari Dewi Lubis,B.Com,MBA, dan Anwar Sanusi. Metode penyampaian materi komunikasi dilakukan dua arah, dilanjutkan dengan Diskusi Kelompok, dan untuk menambah keakraban diantara para peserta dilakukan Outbound.

Direktur Kelembagaan dan Kerja sama Hubungan Industrial, Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Ditjen PHI dan Jamsos) Drs. Aswansyah dalam sambutan penutupan acara tersebut, membacakan sambutan Dirjen PHI dan Jamsos, Dra.Haiyani Rumondang Batubara,MA.

Dalam sambutannya, Dirjen Haiyani Rumondang Batubara mengapresiasi kehadiran dan partisipasi aktif para Trainers  yang berasal dari unsur Serikat Pekerja dan unsur Pengusaha, baik yang berada di daerah maupun di kota.

Haiyani juga menjelaskan bahwa acara seperti ini merupakan acara yang sangat direkomendasikan oleh International Labour Organisation (ILO). Peran strategis trainers terampil bernegosiasi dalam hubungan industrial sangat dibutuhkan dalam berunding diperusahaan, sehingga tercipta hubungan industrial yang harmonis dan berkeadilan.

Lebih jauh Haiyani berharap dengan digelarnya acara ini, para trainers diharapkan mampu menjadi juru runding yang baik di masing-masing perusahaan dan tempat kerja, serta mampu melatih calon-calon trainers di perusahaan masing masing.

Sementara itu, salah seorang Trainers dari unsur Pekerja, Sahat Butar butar berharap agar Direktorat KKHI terus melakukan kegiatan seperti ini bila perlu materi-materi ditambah misalnya; PP 78 tentang Pengupahan, kemudian Jaminan Sosial Tenaga Kerja dan lain sebagainya.

Direktur Kelembagaan dan Kerja Sama Hubungan Industrial (KKHI), Drs. Aswansyah berjanji akan melakukan koordinasi dengan direktorat lainnya, misalnya dengan Direktorat Pengupahan dan Direktorat Jaminan Sosial Tenaga Kerja.(TU)

 

 

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *