Kemnaker Gelar Pelatihan Teknik Berunding Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Di Luar Pengadilan

Batam

Progresnews.Info– Direktorat Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (PPHI) Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial, Kementerian Ketenagakerjaan  bekerja sama dengan Dinas Tenaga Kerja dan Trasmigrasi Kota Batam menggelar acara Pelatihan Teknik Berunding Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial Di luar Pengadilan  yang diperuntuhan untuk kalangan Serikat Buruh/Serikat Pekerja dan Kalangan Pengusaha.

Kegiatan tersebut di laksanakan di Hotel IBIS STYLES , Jl. Yos Sudarso-Bengkoang Laut Batam, dari Tanggal 17 -19 April 2017.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepulauan Riau Tagor Napitupulu, SH.MH mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik kegiatan kemnaker yang dilaksanakan di Kota Batam, Kepulauan Riau, sambil mengucapkan selamat datang kepada lima puluh orang peserta dari unsur SP/SB dan unsur Pengusaha. para nara sumber  yang hadir, sekaligus membuka acara tersebut. Dan dia berharap agar kedepannya kegiatan kegiatan serupa bisa dilakukan di kabupaten dan kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau.

Dalam Sambutan Pembukaan, Kadisnakertrans Povinsi Riau, membacakan sambutan Direktorat Jenderal Pembinaan Hubungan Industrial dan Jaminan Sosial Kementerian Ketenagakerjaan, Dra. Haiyani Rumondang, MA .

Haiyani Rumondang dalam sambutannya mengajak seluruh komponen SP/SB dan Pengusaha untuk menyelesaian segala perselisihan hubungan industrial di luar pengadilan. Utamakan dialog sebagai sarana yang efektif guna menyelesaian konflik di tempat kerja.

“Pemerintah tak henti-hentinya selalu mendorong hubungan industrial yang harmonis, dinamis dan berkeadilan,”terang Haiyani.

Haiyani  mengatakan bahwa melalui kegiatan-kegiatan Bimbingan Teknis, Pelatihan , TOT , Sosialisasi  kepada segenap Stakeholder  diharapkan hubungan industrial semakin hari semakin baik sehinga berdampak terhadap pembagunan ekonomi nasional, serta terciptanya iklim investasi yang kondusif di kemudian hari.

Dalam acara tersebut menghadirkan  para narasumber yakni : Kasubdit Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial (Direktorat PPHI) Ditjen PHI dan Jamsos Kemnaker , DR. Reytman Aruan, SH , M.Hum  dengan topik Teknik Berunding Dalam Penyelesaian Perselisihan Hubungan Industrial.

Kemudian, ada Kepala Biro Humas Kemnaker, Sahat Sinurat, SH. MH dengan Topik Menciptakan Hubungan Industrial Yang Harmonis di Perusahaan. Lalu, ada A. Fahmi Shahab, SE, MBL, Direktur Eksekutif Pusat Mediasi Nasional (PMN) Jakarta dengan Topik Penyelesaian Perselisihan secara Mediasi di PMN.

Dan pada hari terakhir akan di tutup dengan acara Simulasi Penyelesaian Hubungan Industrial yang dipandu oleh Kepala Seksi Pemberdayaan PPHI Secara Bipartit,  Feryando Agung Saragih, SH,  MH. (TU)

 

 

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *