LKS Tripartit Sebagai Wahana Sinkronisasi Pembangunan Ketenagakerjaan

sahat-sinurat1491996881

Progresnews.Info-Lembaga Kerja Sama (LKS) Tripartit merupakan forum komunikasi, konsultasi, dan musyawarah ketenagakerjaan yang melibatkan perwakilan stakeholder ketenagakerjaan. Baik LKS Tripartit yang ada tingkat pusat maupun daerah, memiliki peran penting bagi pembangunan ketenagakerjaan nasional. Oleh karenanya, forum komunikasi lembaga akan terus dimaksimalkan untuk mendukung pembangunan ketenagakerjaan, khususnya pada bidang hubungan industrial.

“Konsolidasi seperti ini akan kami lakukan di beberapa daerah. Dan diharapkan bisa efektif untuk menjadi tempat saling tukar informasi, sinkronisasi program, dan untuk kedepannya dapat merumuskan platform baru tripartit,” kata Wakil Ketua LKS Tripartit Nasional, Sahat Sinurat mewakili ketua LKS Tripartit Nasional Siti Junaedah AR membuka acara ‘Konsolidasi LKS Tripartit Nasional Dengan LKS Tripartit Daerah’ di Hotel Soll Marina Tangerang Selatan, Provinsi Banten pada hari Rabu (12/4/2017).

Ia melanjutkan, bidang ketenagakerjaan saat ini terus berkembang secara dinamis disertai dengan kompleksitas persoalan-persoalan yang mengirinya. Untuk itu, melalui forum konsolidasi tersebut LKS Tripartit diharapkan mampu menghadapi perkembangan tersebut. Agar kondisi ketenagakerjaan nasional dapat berjalan sesuai dengan target pembangunan.

“Sekaligus dapat mengkonsultasikan dan mengkomuniksikan masalah ketenagakerjaan dan masalah hubungan industrial yang semakin berkembang dan semakin komplek,” kata Sahat melanjutkan.

LKS Tripartit sendiri beranggotakan delegasi dari pengusaha dan Serikat Pekerja yang sudah tercatat di Instansi Ketenagakerjaan. Lembaga ini memiliki peranan memberikan pertimbangan, saran, dan pendapat kepada pemerintah dan pihak terkait dalam penyusunan kebijakan dan pemecahan masalah ketenagakerjaan. Baik yang terjadi di saat ini maupun di masa-masa yang akan datang.

“Sehingga, pemerintah dapat menetapkan kebijakan hubungan industrial yag dapat mendorong terciptanya hubungan industrial yang harmonis,” katanya.

Sahat pun berharap, forum yang diikuti LKS Tripartit Nasional dan LKS Tripartit Provinsi Banten benar-benar dapat dimaksimalkan oleh seluruh peserta. Sehingga memberikan masukan dan aspirasi kontruktif, baik di tingkat nasional maupun daerah.

“Diharapkan hasil dari kegiatan konsolidasi Badan Pekerja LKS Tripartit Nasional dengan LKS Tripartit Provinsi Banten bisa menjadi bahan dalam penyusunan kebijakan, dan pemecahan masalah ketenagakerjaan bagi pemerintah,” paparnya. (TU)

 

Silahkan di ShareTweet about this on TwitterShare on Facebook

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *